Membuat Privacy Policy Untuk Situs Website/Blog

Membuat Privacy Policy Untuk Situs Website/Blog
Privacy Policy merupakan kebijakan privasi dari sebuah situs blog ataupun web yang tentunya di buat oleh sang pemilik web/blog itu sendiri. Dengan membuat privacy Policy dalam sebuah web/blog artinya sebuah situs tersebut harus benar-benar di tekuni dan informasi dalam sebuah web/blog harus lebih baik dalam perkembangan web/blognya.

Dengan adanya Privacy Policy dalam sebuah web/blog sehingga para pengunjung mengetahui kebijakan-kebijakan yang harus di patuhi dalam berselancar di sebuah web/blog yang di kunjungi dengan ketentuan-ketentuan yang telah di tetapkan dalam sebuah situs web/blog tersebut sehingga terciptalah sebuah aturan tata krama dalam sebuah situs web/blog antara sesama pengunjung ataupun si pemilik situs web/blog tersebut.

Privacy Policy sangat di butuhkan dalam sebuah situs web/blog terutama jika ingin melakukan sebuah layanan iklan seperti iklan google ataupun iklan layanan lainnya tentunya hal ini sangat di pertimbangkan. Dan informasi apa saja yang harus di lampirkan dalam pembuatan privasi policy :

1. Informasi Akun
Informasi akun ini seperti nama pengguna, user name baikpun nama depan dan nama belakang ataupun informasi lain yang mungkin butuh di informasikan dalam web/blog.


2. Ketentuan Informasi dari Pihak Pengguna
Ketentuan ini biasanya melibatkan pengguna akses dari pihak ke tiga seperti saat melakukan "sharing" artikel atau melakukan "following" maupun "like" sehingga akun akan langsung tersambung dengan pihak ketiga tersebut maka informasi dari sang pengguna langsung di terima dilayanan dalam ketentuan-ketentuan pengguna web/blog. Dan begitu juga dengan ketentuan mengundang teman.


3. Ketentuan Informasi Analytics
Ketentuan ini memungkin pengguna mendeteksi pengunjung dari laman web/blog untuk membantu jumlah traffic dengan analytics dan mengumpulkan informasi dari penguna.


4. Ketentuan Cookies
Ketentuan cookies ini biasanya di infokan pada pengguna untuk mengidentifikasikan pengguna juga meyediakan informasi bagi pengguna dan terlacaknya pengguna untuk beberapa saat setelah browser di tutup.


5. Log Files
Ketentuan log file ini merupakan informasi log file yang di laporkan secara otomatis oleh browser baik penggunaan dari destop ataupun mobile setiap kali mengakses layanan clent. Biasanya log file ini akan merekam semua data yang di akses oleh pengguna.


6. Web Beacons/Clear Gifs
Saat layanan digunakan atau di akses oleh pengguna maka web beacons/clear gifs akan merekam secara anonim untuk melacak para penguna layanan secara online baik penggunaan secara interface atau melalui email.


7. Device Identifikasi
Ketentuan dari layanan device identifikasi biasanya akan mengidentifikasi pengguna layanan yang membantu log file saat melakukan log in dalam sebuah layanan web/blog yang digunakan.


8. Ketentuan Data Lokasi
Layanan ketentuan data lokasi ini meliputi titik koordinat pengguna yang biasa akan teridentifikasi apabila layanan GPS pada pengguna di aktifkan dan kebijakan dari layanan memberikan informasi sesuai dengan daerah yang dideteksi biasanya layanan ini sering digunakan oleh status web simantic.


9. Ketentuan Komunikasi Komersial dan Ketentuan Marketing
Jika sebuah web/blog yang berstatus sebagai ercomman atau penjualan biasanya harus menggunakan layanan kentuan ini sebagaimana sarana untuk memudahkan sang pengguna untuk mengetahui hal baru atau tawaran layanan yang diberikan untuk pengguna layanan secara langganan yang di kirim langsung secara otomatis pada akun pengguna atau layanan pelanggan melalui email.


10. Ketentuan Shared Informasi
Kentuan ini yang akan disimpan dalam penggunaan layanan dengan ketentuan tidak akan memberikan informasi user kepada pihak ketiga ataupun menjual data dari user untuk kepentingan lainnya pada perusahaan lainnya dengan alasan apapun. Kecuali pada sesama penggunan layanan untuk mengetahui informsi dari profile pengguna yang satu dengan pengguna lainnya yang di atur sendiri sesuai dengan informasi apa yang ingin di tampilkan dan di publish pada pengguna sesama layanan dalam suatu web/blog tertentu.


11. Ketentuan Penyimpanan dan Ketentuan Perlindungan Informasi
Ketentuan layanan ini menggunakan layanan informasi pengguna cara pengamanan layanan informsi milik pengguna yang terkumpul melalui layanan clean untuk melindungi keamanan dan privasi pengguna mengambil langkah dengan verifikasi akun pengguna. Biasanya hal ini di lakukan pada saat log in.


12. Ketentuan Informasi Pilhan
Ketentuan informasi pilihan ini pada umumnya untuk melindungi web/blog yang kita akses atau site web yang kita miliki bukan dalam artian lepas tangan dari tanggung jawab melainkan kontrol akun informasi dan pengaturannya dapat di lakukan kapan saja seperti pemberhentian email "bisa unsubscribe" pada link yang tersedia.


13. Ketentuan Privasi Pengguna di Bawah Umur.
Ketentuan ini merupakan bagian yang menciptakan internet sehat dengan membatasi usia yang di bawah umur tidak dapat bergabung dalam sebuah web/blog dan pihak admin bisa saja menghapus data dari pengguna tanpa harus konfirmasi terlebih dulu dengan pengguna. Biasanya usia yang terbatas ini di perhitungkan 13-15 tahun. Dan bagi pengguna lain juga berhak melapor jika menemukan pengguna yang usianya masih di bawah umur dengan mengirim email laporan pada sebuah web/blog yang di tentukan.


14. Tautan Kesitus Lain/Hiperlink
Ketentuan layanan ini bisa melibat pihak ke tiga dalam pemberian akses link atau tautan tertentu dalam pemberian informasi pengguna. Biasanya pihak pengelola tidak bertanggung jawab apapun apabila terjadi sesuatu dari tautan link tersebut yang bisa merusak pengguna dari layanan itu sendiri.


15. Pertanyaan
Ketentuan ini tentu untuk dapat membantu pengguna sebagaimana jika ada hal yang belum di ketahui pasti bisa langsung di kirim ke email penyedia layanan bahkan bahan pertanyaan tersebut kemungkinan bisa di jadikan sebagai referensi paduan dalam sebuah layanan internet web/blog.


16. Perubahan dan Ketentuan Pengguna
Ketentuan ini bisa saja berubah-ubah sebagaimana hak dari sang pengelola web/blog sebagai sarana untuk perlindungan jika hal yang tidak diinginkan terjadi. Bisanya kebiasaan ini terjadi pada site web yang dominannya gratis free akses pengguna lain dengan pengguna yang gold atau premeum.


17. Ketentuan Hubungi Kami
Kententuan ini meskin di sediakan terpisah namun ini merupakan bagian dari privasi. Maka sebaiknya sedikan sebuah from pertanyaan jika sang pengguna ingin menyakan sesuatu yang mungkin belum di pahami atau mengarahkan link pertanyaan.


Meskipun keseluruhan informasi yang dihimpun sebaiknya jika langkah dalam pembuatan privasi haruslah mencantumkan kesesuain dan kebijakan-kebijakan yang akan di publishkan dari web/blog sebagaimana untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Nah mungkin itu saja yang dapat penulis sampaikan mengenai artikel tentang Cara Pembuatan Privacy Policy. Mungkin ada sobat yang ingin menambahkan atau sekedar masukan bisa di kolom komen dibawah ini silahkan di coret gan. Terima Kasih telah berkunjung dan Semoga bermanfaat. *

Sumber : dikutip dari berbagai sumber dan revisi

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Membuat Privacy Policy Untuk Situs Website/Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel