Cara Menampilkan Files Hidden di Windows 10

Assalamualaikum Wr.Wb…
Hai.. apa kabar semuanya.. semoga dalam keadaan baik dan sehat selalu.. mumpung masih Ramadhan, Penulis ingin mengucapkan Selamat Menyambut bulan suci Ramadhan semuanya, semoga berkah di Ramadhan tahun ini… amin… !!

Pada kesempatan kali ini penulis hanya ingin memberikan sedikit triks tentang “Cara Menampilkan Files Hidden di Windows 10 “ mungkin bagi mereka yang berpenglaman di windows 8 dan 8.1 hal ini mungkin sudah lumrah dan sudah tentu tau bagaimana cara menampilkannya file-file yang tidak nampak secara default di OS besutan Microsoft tersebut. Nah untuk itu penulis meng-khususkan artikel ini mereka yang baru berkenalan dengan Windows 10 yang mungkin bingung mencari Cara Menampilkan Files Hidden. Kita lanjut gan !!

1. Kasus pertama ini misalnya kita mencoba untuk melihat file apa saja yang ada di folder LocalDisk C : maka secar default folder tersebut tampak seperti gambar di bawah ini :

Gambar 1

Dari tampilan di atas kita bisa melihat selain dari folder-folder tersebut tidak ada folder lain yang di tampilkan. Sebenarnya secara kasat mata memang benar cuman folder itu saja yang ada. Tapi sebenarnya system pada OS windows telah menyembunyikan satu folder lagi atau hidde, sebenarnya hal demikian itu sengaja di sembunyikan supaya untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan misalnya tanpa sengaja kita memasuki kedalam folder tersebut kemudian menghapus atau terhapus bisa mengakibatkan hal yang fatal untuk system Microsoft. Dan begitu juga pada kasus yang meliputi folder lain yang sengaja di hidden, agar tidak Nampak dan tidak di otak-atik oleh yang menggunakan computer selanjutnya. Misalnya file yang di hidden di LocalDisk D, E, ataupun di LocalDisk external F dan G;. dan pada kasus ini kita hanya mencoba menampilakn folder yang ada di C saja, sebenarnya file hidden lain juga caranya juga sama untuk semua file di OS windows, satu kita buka maka akan terbuka untuk semua. Langsung kita pecahkan masalah tersebut.

2. Pada bagian Ribbon atau bagian menubar Klik View > Options yang terletak pada bagian kanan Ribbon seperti gambar :

Gambar 2

3. Maka akan muncul sebuah kotak diagbox Folder Options seperti :


Gambar 3

4. Klik pada bagian View maka akan di tampilkan berbagai pengaturan tentang folder salah satunya ialah bagian yang hendak kita lakukan yaitu menampikan folder yang terhidden maka pada bagian “ hidden files and folder” canteg di “Show hidden file, folder and drives” seperti gambar dibawah ini :


Gambar 4

5. Jika sudah, maka klik di bagian “Apply dan OK.

Maka lihatlah kembali foder LocalDisk C : tadi, folder yang lain di tampilkan satu atau lebih yang agak buram sedikit itu artinya folder yang terhidden.

Nah mungkin begitu saja gan sedikit cara tentang menampilkan folder yang terhidden di windows 10. Mungkin bagi agan yang pemula dengan OS windows 10 yang ingin tau tentang cara menghidden klik disini. Jika ada komen tau hal lain yang mungkin agan ingin berbagi silahkan di kolom komen di bawah ini dengan cara bijak. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menampilkan Files Hidden di Windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel