Cara Menggunakan Aplikasi Blogger di Android

Semenjak berkembangnya smartphone yang berjenis os android maka semasa itu pula aplikasi untuk perangkat tersebut di kembangkan. Semua aplikasi digunakan sebagai pelengkap untuk mendukung kecanghihan dari ponsel pintar itu sendiri yang berjenis android. Salah satu dari banyak aplikasi tersebut yaitu blogger for android. Aplikasi ini merupakan solusi yang baik bagi pencinta blog terutama blogspot.

maudyblogs

Bagi anda semua yang suka menulis atau sekedar hobi maka dengan tersedianya aplikasi ini membuat kita tidak harus repot-repot lagi dan menyajikan content artikel pada blog. Sehingga membuat kita semakin mudah tidak harus lagi berada di depan komputer atau menatap monitor laptop anda. Aplikasi bloggernya bisa di download secara gratis melalui play store dan setelah selesai di install maka langsung open. Untuk mulai masuk kedalam blog anda.

Untuk pertama kalinya melakukan login. Maka pihak aplikasi sendiri akan kita untuk memasukan email. Jika email yang di deteksi oleh blogger adalah email yang kita pakai untuk login blogger. Maka tinggal klik ok dan lanjut. Dan jika bukan email yang di deteksi oleh google. Maka kita harus menambahkannya pada pilihan "Add" tinggal masukan email dan sandinya. Kemudian klik ok dan tunggulah beberapa saat google akan menghubungkan aplikasi dengan server blogger.

Setelah kita berhasil login, maka kita akan di hadapkan dengan laman yang terdapat dalam blogger sebuah antar muka yang sangat menarik tentunya. Pada sudut paling kiri atas tepat sebelah logo blogger terdapat "Title Blog" yang menampilkan nama blog kita sendiri. Jika blog kita lebih dari satu dengan menggunakan email yang sama. Maka di bawah title blog terdapat sudut segi tiga kecil, apabila kita ngeklik maka judul blog kita yang lain juga akan di tampilkan. Dan fitur selanjutnya yang juga sangat menarik antara lain :

Write : Fitur ini merupakan lambang pencil miring yang anjurkan untuk membuat artikel baru. Jika kita nge-klik maka kita akan di arahkan pada pembuatan entri yang baru. Yaitu dengan memasukan judul artikel, Postingan dan Tag.

Photo : Selain menulis artikel postingan, kita juga dapat menyisipkan photo utama untuk memperlengkap artikel blog kita. Yaitu dengan mengklik logo Camera yang terdapat pada sebaris judul artikel. Dengan mengklik kamera ini, maka kita akan di arahkan untuk dua pilihan, yaitu mengambil gambar secara Take Photo yakni dengan langsung photo di tempat. Atau dengan cara Pike a Photo atau dengan membuka gallery dengan photo-photo yang sudah ada di dalam ponsel kita.

Post : Pada bagian postingan disini versi android mungkin tidak selebar dengan lama yang kita buka dengan komputer, karena ini versi mobile. Jika ingin menampikan laman post yang lebar maka kita bisa dengan rotate layar ponsel atau menulisnya dengan menggunakan tablet. Tetapi dengan laman yang di tawarkan oleh google pada blogger versi mobile maka sudah sangat lumayan untuk menulis. Memang sebuah laman post yang sangat ideal.

Dibagian ini juga tidak kalah menariknya lagi, selain kita membuat postingan ide menulis blog dimana saja. Aplikasi ini juga telah di fasilitasi dengan font yang berjenis Italic dan Bold. Selain dengan jenis font tadi juga mendukung peralihan link dengan mengeklik rantai yang terdapat di menu atas pojok kiri aplikasi. Dan jika penulisan artikelnya selesai. Maka kita tinggal klik Done untuk dapat melihat semua artikel yang sudah kita buat.

Tag : Selain itu blogger mobile juga menyediakan fitur Category, yaitu Tag yang biasanya kita gunakan sebagai pengganti category pada blogger atau sebatas menggunakan Label.

Select Location : Select Location ini hanya berlaku jika kita mengaktifkan keberadaan kita saat menulis artikel, yang maksudnya berfungsi apabila GPS kita Switch On.

Publish Artikel
Setelah settingannya semua selesai. Sebaiknya sebelum di publish alangkah baiknya kita melakukan revisi terlebih dulu. Dengan melakukan surve artikel, melihat tulisan yang mungkin ketinggalan huruf dan menyuntingnya kembali. Jika sudah maka tinggal klik Logo Sent yang artinya Publish artikel dan tunggulah beberapa saat. Sampai keluar notifasi artikel published dari pemberitahuan.


View Artikel
View artikel ini akan keluar jika artikel yang kita publish berhasil di relish oleh sistem blogger aplikasi mobile. Dengan mengklik Logo View yang terdapat di sudut kanan aplikasi maka dengan segera kita akan di arahkan ke link artikel itu di tampilkan. Sangat menarik bukan !!


Save To Draft
Setiap artikel tidak harus semua di publish jika artikelnya tidak komplit atau tidak terselesaikan. Maka kita boleh menulisnya dengan setengah atau dengan ide seadanya. Kemudian bisa di save to dratf. Dan nantinya fasilitas ini bisa juga kita edit kembali melalu versi destop. Atau meliriknya lagi dengan blogger versi mobile.


Menu Utama
Dibagian menu utama ini terdapat 3 (tiga) pilihan menu utama yaitu :

http://maudyblogs.blogspot.com

#All
#Published
#Darft

Ketiga menu ini menjadikan kita semakin mudah dalam meng-optimalkan blogger. Yaitu All ini akan menampilkan segala jenis artikel yang ada dalam blogger baik yang sudah di relish atau yang masih terisimpan di Draft. Dan begitu juga dengan Published menampilkan artikel yang sudah relish. Draft ini merupakan artikel yang tersimpan. Maka dengan mudah kita dapat menyuntingnya kembali.

Notifikasi

http://maudyblogs.blogspot.com

Pada bagian sudut atas terdapat tanda kutip titik tiga. Yang artinya notifikasi untuk blogger. Disitu terdapat beberapa pilihan yang dapat kita fungsikan di antaranya :


- View Blog
Yang dapat kita lihat keberadaan artikel pada blog kita sendiri.


- Refresh
Agar dapat menyegarkan kembali blog dan artikel dalamnya apabila artikel tidak maksimal di tampilkan.


- Send Feedback
Fitur ini di sediakan oleh blogger untuk dapat memberi masukan untuk mereka. Apabila aplikasi tidak di tampilkan secara optimal atau sekedar masukan untuk mereka.


- Setting

http://maudyblogs.blogspot.com

Di menu bagian setting ini blogger memberikan fasilitas yang memadai. Mulai dengan pengaturan Notifikasi, Post dan Pengaturan tampilan images dan lainnya. Di samping itu pihak google blogger memberikan pengaturan untuk berbuat image yang ukurannya bisa di perkel atau dengan Ukuran Large.


Mungkin itu saja beberapa kejelasan dari penggunaan blogger versi mobile yang dapat penulis sampaikan pada kesempatan kali ini. Dan jika ada sekedar tambahan atau masukan dari sobat "Maudyblogs" semua bisa di tambahkan pada kolom komentar dibawah. Terima Kasih telah sesat disini. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menggunakan Aplikasi Blogger di Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel