Fakta-Fakta Tentang Galaksi Bima Sakti (Milky Way)

Milky Way

Jumpa lagi kita Salam Sahabat “ Maudyblogs” kali ini penulis hanya ingin membagikan sedikit cerita tentang “Fakta-Fakta Tentang Galaksi Bima Sakti (Milky Way)” yang katanya galaksi terindah di alam semesta. Galaksi Bima Sakti (Milky Way) ialah tempat dimana manusia berada yang meliputi tata surya didalamnya. Bima Sakti mempunyai sejarah yang menarik dan unik untuk perbincangkan di kalangan para astronomi dari cerita yang takjub ataupun kelam yang selalu menghiasi di permukaan bima sakti tersebut. Ada banyak fakta yang tersimpan di balik gugusan bintang miliyaran tersebut yang menurut para astronomi Milky Way berdiameter 100.000 – 120.000 tahun cahaya tersebut.

1. Bima Sakti adalah Kanibal
Galaksi bima sakti tidaklah sebaik dan seindah yang kita banyangkan . untuk bisa sebesar saat ini, galaksi bima sakti ternyata harus memakan galaksi lain yang ukuranya lebih kecil. Salah satu galaksi yang menjadi korban kanibalisme dari bima adalah galaksi kerdil sagitarius. Selain itu, saat ini galaksi bima sakti tengah memakan galaksi Canis Major dengan sedikit demi sedikit membajak bintang-bintang milik galaksi kerdil tersebut.

2. Hanya Beberapa Persen Kecil Saja Galaksi Bima Sakti Yang Terlihat
Benar atau tidaknya gambar-gambar yang memperlihatkan galaksi yang biasa muncul di media ataupun di internet hanya mewakili 10 persen total massanya. Sekitar 90 persen bobot galaksi bima sakti di isi oleh dark matter atau zat gelap yang tidak terlihat. Dark matter jugalah yang membuat manusia bisa melihat cahaya-cahaya yang di keluarkan oleh bintang yang sedang melintas di dekatnya.

3. Rumah untuk 200 Miliyaran Bintang
Milky Way memang bukan galaksi dengan ukuran terbesar yang ada di alam semesta. Dengan diameter 100.000 – 120.000 tahun cahaya. Galaksi bima sakti hanya di sesaki hanya sekitar 200 milliyaran bintang. Namun terdapat perhitungan yang lain yang menyatakan binatang di galaksi bima sakti mencapai 400 milliyaran bintang. Perbedaan jumlah ini muncul akibat kelahiran atau kematian bintang saat terjadinya supernova. Dalam satu tahun galaksi bima sakti mencatat dapat melahirkan 7 bintang baru.

4. Gambar Perkiraan
Salah satu mungkin tidak di sadari oleh bayank orang adalah “ foto galaksi bima sakti” Sejatinya manusia dan teknologi canggih yang di miliki abad ini tidak mampu memotret galaksi bima sakti dari atas, karena bumi kita sendiri adalah bagian dari bima sakti dan berjarak 26.000 tahun cahaya dari pusatnya. Jika di ibaratkan memotret galaksi bima sakti dari atas akan seperti memotret stadion sepak bola dari dalam stadion itu sendiri. Jadi foto-foto galaksi bima sakti yang kita lihat selama ini adalah berupa buatan para illustrator tentunya yang mempunyai perhitungan yang lebih menyeruapi.

5. Umur seusia Alam Semesta
Ilmua memperhitungkan bila umur galaksi bima sakti sekitar 13.6 miliyar tahun. Atau hamper sama dengan umur alam semesta yang di ketahui sekitar 13.7 miliyar tahun. Hal ini di perkuat dengan penemuan bintang di gugus bintang “globurlar” bintang tersebut diklaim sebagai bintang tertua di galaksi bima sakti yang mempunyai umur yang hapir setua alam semesta.

6. Lubang Hitam Raksasa di tengah galaksi bima sakti
Hamper semua galaksi di alam semesta di ketahui mempunyai lubang hitam di bagian tengahnya tak kecuali galaksi bima sakti. Lubang hitam atau black hole yang berada di pusat galaksi bima sakti kiata tercatat mempunyai bobot sekitar 40.000 matahari dan mempunayai panjang 22,5 juta kilometer. Blackhole yang bernama sigitarius A tersebut masih terus melahap semua bintang atau planet yang ada di dekatnya alias sekitar pusat galaksi bima sakti.

7. Bima Sakti Sedang Bergerak Mengelilingi Pusat Alam Semesta
Sama halnya seperti bumi yang mengelilingi matahari, galaksi bima sakti juga terus bergerak mengelilingi pusat alam semesta atau Cosmic Microwave Background (CMB). CMB sendiri adalah sisa radiasi dari ledakan Big Bang yang dipercaya memulai pembentukan alam semesta. Dan jangan samakan kecepatan gerak Galaksi Bima Sakti dengan bumi. Sebab galaksi tempat kita berdiam begerak dengan kecepatan 600 kilometer per detik. Dengan kecepatan itu galaksi bima sakti mampu melahap bintang atau apa saja yang ada di jalur orbitnya.

Nah.. mungkin itu saja yang dapat penulis paparkan pada kesempatan kali ini dan mungkin diantara sahabat semua ada penambahan atau sekedar masukan bisa saja dari kolom komentar di bawah ini. Mungkin ingin sekedar berbagi silahkan saja dari ke contact penulis.

Sumber : dikutip dari berbagai sumber dan revisi dari penulis

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fakta-Fakta Tentang Galaksi Bima Sakti (Milky Way)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel