Melindungi Keamanan Akun Facebook

Facebook merupakan layanan media sosial terbesar sekarang ini yang digunkan oleh seluruh penduduk dunia. Apalagi akhir-akhir ini situs media sosial terbesar didunia ini menjadi incaran sang hacker, baik itu sekedar meretas, mencuri data informasi ataupun hanya karena iseng bahkan tidak jarang di facebook ini di jadikan sebagai tempat sasaran untuk percobaan.

Melindungi Keamanan Akun Facebook

Mengingat akan kejadian demikian itu maka tidak adalahnya jika kita mencoba untuk berbuat keaman yang lebih baik. Walaupun tidak dijamin keamannya 100% tetapi dengan menjaga privasi serta sandi yang memadai mungkin akan sedikit membantu dalam proses keamanan facebook. Maka untuk itu kita mencoba dengan cara sebagai berikut ini nantinya. Sebelum kita jelaskan itu semua sebaiknya kita mencoba mengupas sedikit tentang bagaimana sebuah akun facebook itu bisa di retas. Mungkin bagi pemula itu merupakan hal yang sulit tetapi bagi mereka sang programmer sejati atau sang hacker sejati itu bukanlah hal yang sulit untuk di terobos karena mereka percaya tidak ada sistem yang aman sepenuhnya.

Bagaimana Hacker itu menembus akun kita ?

Teknik yang biasa digunakan ialah dengan cara menebak password ini merupakan hal yang umum sekali digunakan dalam teknis peretas antara lain hal ini dilakukan berupa :

1 - Brute Force Attack yaitu dengan mencoba semua kombinasi semua huruf mulai dari aaaa sampai zzzz, dan juga semua karakter diikuti dengan angka.

2 - Dictionary Attack yaitu dengan menebak menggunakan kata-kata dalam kamus, dan dikombinasikan dengan angka-angka atau karakter.

2 - Personal Information Attack yaitu dengan cara memasukkan data-data pribadi seperti nomor telepon, tanggal lahir, nama pacar, kode pos, dan sebagainya.

Dengan kombinasi demikian maka password yang sangat lemah akan sangat mudah sekali ditemukan juga rentan atas tindakan pembobolan password misalnya tindakan demikian itu seperti :

<> 123456, qwerty, q1w2e3, asdf type password yang demikian ini sangat mudah sekali ditemukan karena orang sangat mudah sekali mengetiknya di keyboard.

<>  passwordsaya, mypassword, pass atau lain-lain yang menggunakan kata-kata dalam kamus ini juga tidak jarang ditemukan mengingat kata dalam kamus dari semua bahasa itu sama.

<> Memasukan Nomor Telepon, Nama Pacar ataupun Nama Kita sendiri atau sebagainya ini juga sangat mudah di tembus karena mengingat keamanan akun atas landasan data diri pengguna akun.

Password yang lemah dapat di retas dalam waktu yang lebih singkat walaupun harus melalui proses, Misalnya :

  • Semua menggunakan huruf kecil.
  • Kombinasi angka dan kata mudah, Misalnya seperti menggunakan komputer15, malajah09 dan yang serupa.
  • pergantian huruf dan karakter yang tidak sesuai, Misalnya l4mb4d@, j@mp4.
Setelah kita mengetahui sedikit cara kerja hacker dalam meretas password, Namun kita berfikir bagaimana cara menerapkan password yang kuat itu dan tentunya sulit untuk di tembus. Maka seracara defaultnya kita dapat membuat password itu sulit untuk di tembus, bukan berarti tidak bisa, kemungkinan sangat kecil untuk dapat di retas hacker.

  • Harus menerapkan teknik kombinasi dan melibatkan antara huruf besar, huruf kecil serta karakter yang ada.
  •  Panjang lebih dari 10 karakter yang terdiri dari huruf besar, huruf kecil, angka dan juga karakter.
  • Tidak menyatakan kata dalam kamus atau tentang informasi diri pribadi.
Misalnya gambaran password yang kuat seperti "1mAu100Ribu"
Cara mengingatnya:

  • 1 = kata “saya” diterjemahkan dalam bahasa Inggris (I).
  • mAu = mau
  • $ = uang
  • 100Ribu = 100 ribu
Dan kita dapat menggunakan karakter bebas, huruf bebas dan juga angka yang bebas yang kira-kira menurut kita sendiri gampang di ingat atau mudah-mudah saja di ingat dan jika perlu catat dan sisipkan dalam dompet anda, atau mungkin membuat sebuah folder rahasia di dalam komputer untuk menyembunyikan password kita sendiri dalam notes notepad. 

Agar password tersebut tidak mudah bobol atau di retas oleh mereka yang tidak bertanggung jawab, maka kita sendiri harus menjaga kewaspadaan penuh agar akun tidak mudah di retas. Mungkin dengan adanya kewaspadaan maka akun sulit untuk di retas hampir ketidak mungkin.

1. Jangan menggunakan password yang sama pada setiap akun yang di akses, Misalnya password email anda sama dengan password facebook, hal ini dapat memicu jika akun facebook anda diretas maka sangat mungkin email anda juga akan di ikut sertakan. Karena sudut pandang sang peretas itu lebih mudah menjebol akun facebook dari pada harus menjebol akun email anda. Dengan menggunakan variasi password pada akun facebook dan email maka ketika facebook berhasil dimasuki orang lain, maka email akan terselamatkan.

2. Jangan pernah mencoba untuk meng-klik link yang menyatakan verifikasi password anda, atau mengikuti email dalam kotak spam. kemungkinan besar itu adalah kiriman dari sang peretas.

3. Jangan pernah memasukan password pada situs lain atau dari aplikasi pihak ketiga karena dapat menimbulkan terjadinya bug. hal demikian ini biasanya terjadi saat aplikasi meminta untuk memasukan password dan menverifikasi akun atau sekedar impor agenda catatan notes.

4. Sebelum login, Perhatikan terlebih dulu alamat URL-nya yang benar, misalnya seperti "www.facebook.com" bukan "www.myfacebook.com" dan begitupun saat anda mencoba meng-akses email seperti www.mail.yahoo.com" bukan "www.my-mail-yahoo.com"

5. Penggunaan Rekning Online seperti Paypal, BCA, BNI, E-GOLD dan sejenisnya. Sebaiknya mengakses situs demikian itu alangkah baiknya jika tidak menggunakan keyboard. karena dari sang peretas dapat saja dengan mudah memberikan spam dengan menjalankan keylogger pada komputer anda yang dapat merekam segala aktifitas dalam penggunaan keyboard. Maka disini sangat disaran untuk menggunakan "On Screen Keyboard" yang tidak terlacak dengan kaylogger.

Selain dari apa yang sudah di jelaskan di seperti di atas, ada baiknya pula kita harus memperhatikan seperti hal-hal berikut ini :

<> Jangan sembarang menambahkan teman yang tidak kita kenal, Pilihkah teman yang memang kita mempunyai hubungan secara nyata dan juga mempunyai banyak teman yang sama yang lebih banyak.

<> Usahakan untuk dapat mengganti password sesering mungkin, Yang tentunya dapat diingat dengan mudah serta password yang harus mempunyai gabungan angka dan huruf serta mempunyai karakter yang kuat dan jangan pernah memberikan password kita kepada siapapun selain anda sendiri.

<> Jangang pernah memberikan alamat email secara kormesial di internet untuk mendapat banyak pertemanan. Jika memang ingin di tambahkan banyak teman sebaiknya gunakan saja alamat URL pada profile akun.

<> Selalu melakukan SIGN OUT setelah selesai mengakses akun dan mengahapus history browser yang digunakan. Apalagi jika menggunakan sarana internet di tempat umum.

<> Pastikan mengakses alamat yang benar misalnya "www.facebook.com"

<> Ubahlah penganturan privasi akun dari "publik" penjadi "only friends atau private" Sehingga orang luar tidak mudah mendapatkan informasi dari kita.

<> Jangan sembarangan menggunakan apliksi atau games yang tidak credibel atau aplikasi terpecaya. Kemungkinan besar aplikasi dari atau game dari pihak ketiga akan selalu menyimpan data dan cookies informasi akun kita sehingga dengan sangat mudah dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

<> Setiap apa yang terlitas di halaman timeline anda yang mungkin meragukan jangan pernah mencoba untuk ngeklik.

Dari apa yang sudah kita coba uraikan di atas itu mungkin hanyalah bagian kecil dari proses menjaga keamanan akun. Mungkin dengan menerapkan apa-apa yang saja yang sudah kita uraikan di atas setidaknya kita sudah mencoba untuk selalu menjaga keamanan akun facebook kita yang mungkin akan sulit untuk di retas. Dengan menerapkan metode di atas semoga akun kita akan selalu menjadi aman. kunci utamanya jangan pernah mencoba mengakses akun orang lain karena itu merupakan tindakan yang tidak terpuji dan melanggar aturan dalam berinternet karena tindakan ilegal.

Mungkin itu saja dalam tindakan "Melindungi Keamanan Akun Facebook" di kesempatan kali ini, Mungkin dalam kesempatan yang lain dapat kita diskusi lebih dalam lagi mengenai tentang pengamanan akun. Terima Kasih telah tersesat disini Semoga bermanfaat Selamat mencoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Melindungi Keamanan Akun Facebook"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel