Pengenalan Dasar Komputer


Sudah seharusnya di era jamannya teknologi dan informasi ini di harapkan untuk semua kalangan dapat mengenali media yang super canggih ini dengan keseluruhan yaitu komputer. Memang secara garis besarnya kita melihat banyak bahkan teknologi sistem informasi ini berkembang begitu pesat hingga tidak terkendalikan semuanya. Tetapi juga tidak sedikit di antara banyaknya masyarakat kita masih saja belum pernah berinteraksi dengan komputer secara nyata dan ini yang sangat di sayangkan. Mengingat kebutuhan informasi yang semakin hari semakin mencuat maka dari itu disini kita akan membahas tentang beberapa kosekuinsi yang harus di dalam untuk mengenali perangkat yang super canggih ini maka dari itu penulis ingin mempublikasikan sebuah modul yang sebenarnya penulis dapatkan dari internet. Yang mungkin dapat membantu mereka yang ingin berkenalan lebih jauh dengan perangkat tersebut.

Pengenalan Hardware Komputer
Hardware merupakan perangkat keras komputer yang secara umum terdiri dari :
  • CPU
  • Keyboard
  • Mouse
  • Monitor
  • #Perangkat-perangkat tersebut merupakan perangkat dasar dari sebuah komputer.

CPU :
CPU (Central Processing Unit) adalah sebagai pengolah data yang mana berupa kotak yang bagian depan dan belakangnya harus kita kenali. Bagian depan CPU biasanya terdiri dari adanya tombol power, tombol reset, tempat pembaca DVD dan disket. Pada bagian belakang digunakan untuk menempatkan berbagai jenis port dan colokan yang menghubungkan komputer dengan berbagai peralatan lainnya.

Pengenalan Dasar Komputer

Keyboard :
Keyboard adalah papan ketik yang digunakan untuk memasukan angka 0-9 dan juga untuk memasukan A-Z serta memasukan karakter khusus seperti !@#$%^&*()_+ dan karakter lainnya yang jumlahnya banyak sekali hingga mencapai 104 tombol.

Pengenalan Dasar Komputer
Gambar : Keyboard
Mause :
Mouse adalah perangkat karas komputer yang digunakan untuk memasukan data dengan cara menekan tombol klik sebelah kiri, dan pada umumnya mouse mempunyai dua tombol esekusi dan satu lagi klik kanan atau scroll.

Pengenalan Dasar Komputer
Gambar : Mouse
Monitor :
Monitor adalah alat output atau keluaran yang berfungsi menampilkan hasil proses komputasi dari komputer. Instruksi-instruksi yang kita masukkan ke komputer, akan ditampilkan pada layar monitor (DISPLAY).

Pengenalan Dasar Komputer
Gambar : Monitor

Cara Menyambungkan Kabel Listrik
Komputer sama halnya dengan barang elektronik lainnya yang membutuhkan energi listrik untuk dapat digunakan. Namun pada komputer terdapat 3 kabel utama yaitu dua kabel power yang akan di hubung pada arus listrik dan satunya lagi kabel VGA yang akan menghubungkan layar monitor dengan CPU.

a. Pasang kabel Power pada CPU dan monitor
b. Pasang kabel VGA yang menghubungkan monitor ke CPU
c. Colokkan kabel Power yang ada pada CPU dan monitor ke Stop Kontak atau Colokan Listrik


Pengenalan Dasar Komputer


Tombol On dan Off 
Untuk menyalakan komputer kita perlu mengetahui tombol ON & OFF pada komputer. Letak tombol ON & OFF pada komputer adalah tampak di bagian depan kotak casing CPU. Tombol ON & OFF ini berfungsi untuk mengaktifkan komputer.

Pengenalan Dasar Komputer


Mengetahui Cara Shutdown Komputer
Untuk melakukan Shutdown atau Mematikan Komputer, Kita bisa melakukannya dengan cukup mudah. Yaitu Klik pada bagian Start > Power > Shutdown.

Pengenalan Dasar Komputer
Gambar : Shutdown

Cara Menggunakan Mouse, Keyboard dan USB
Papan ketik (keyboard), Mouse, USB flashdisk membantu kita dalam berinteraksi dengan komputer.
Cara menggunakan peralatan tersebut adalah:
Pengenalan Dasar Komputer

a. Mouse (Tikus)
perangkat ini didesain untuk menggerakan kursor (anak panah) pada desktop komputer anda, fungsi dari alat ini adalah membantu anda untuk berinteraksi dengan desktop, misalnya untuk berinteraksi dengan menu-menu aplikasi pada desktop, dan lain sebagainya.

b. Papan Ketik
Perangkat papan ketik ini berfungsi untuk memasukan teks/huruf pada layar komputer anda, fungsi ini sama dengan fungsi perangkat mesin ketik
manual, perangkat ini berisi huruf alphabet, angka, dan simbol-simbol yang bisa anda gunakan untuk mengetik sebuah teks yang panjang.

c. USB stick (flashdisk)
Gambar : Port USB
USB stick (flashdisk) biasanya digunakan untuk menyimpan data. USB stick (flashdisk) biasanya perlu di sambungkan ke port USB yang ada di belakang komputer.

Navigasi Berbagai Folder di Komputer
Saat kita mencoba mengakses destop komputer dan menjalankan explorer windows(Win+E) maka kita akan melihat jendela khusus dimana komputer akan menampilakan berbagai berkas serta folder-folder yang terkandung di dalamnya. 

Pengenalan Dasar Komputer
Gambar : Jendela windows Explorer
Maka dari gambar di atas dapat kita lihat berbagai folder yang di tampilkan oleh windows tersebut yang termasuk di antaranya :

Menu Tool Bar yang terdapat pada bagian paling atas jendela windows file, Computer, View dan lainnya.

Menu Directori Windows Explorer : Menu ini terdapat pada bagian windows sebelah kiri secara defaultnya. Jika penganturannya di rubah maka tampilan jendelanya lain lagi. 

My Computer/This PC : Di bagian menu ini biasanya kita akan memasuki kedalam sistem hardisk dimana kita mencoba akses pada untuk mengambil data-data yang tersimpan.

Destop : Destop yang terdapat di sudut ini sebenarnya sama saja yang di tampilkan pada destop layar dapan. 

Documents : Pada folder bagian documents ini biasa secara default setiap dokumen yang kita akan secara otamatis di sava kedalam folder ini.

Download : Folder Download ini akan menyimpan segala dokumen yang kita unduh dari internet. Secara otomatis akan tersimpan dalam folder ini.

Music : Dimana folder ini akan menyimpan music secara default, di khususkan untuk menyimpan file-file musik.

Pictures : Folder yang di khususkan untuk menyimpan images segalah dokumen yang berjenis photo.

Videos : Di folder ini biasanya akan menyimpan jenis video yang tadapat dalam komputer.

Drive (C, D, E) : Ini merupakan tampilan  dari tersedia besarnya kapasitas penyimpanan data dari harddisk

Network : Tampilan dimana folder ini akan di tampilkan apabila satu komputer terhubung dengan komputer lainnya.

Homegroup : Bagian folder ini akan merikan layanan koneksi yang di hubungkan ke internet. biasanya ini akan tampil apabila komputer dalam keadaan online.


Mungkin itu saja dulu yang dapat penulis sampaikan pada kesempatan kali ini, Mungkin nanti di lain waktu dan kesempatan akan kita jelaskan sedikit lagi mengenai dari cara proses penggunaan menu dalam komputer. Semoga dengan sedikit artikel ini dapat membantuk adik-adik kita khusnya yang sedang duduk di meja belajar dan bagi mereka yang ingin mengetahui tentatang komputer lebih jauh. Semoga membantu dan Bermanfaat, Terima Kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengenalan Dasar Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel