Teori Molekul Van der Waals


Teori Molekul Van der Waals

a. Semua benda terdiri dari molekul.
Molekul ialah bagian terkecil zat yang masih mempunyai sifat zat itu. Molekul berukuran sangat kecil sehingga tidak dapat di lihat, walaupun dengan mikroskop optik yang paling baik. Garis tengah molekul hidrogen adalah 0,4 milimikron atau 0,0000004 mm (1 mikron = 0,001 milimeter).


b. Molekul-molekul saling tarik menarik.
Gaya tarik-menarik antara molekul-molekul yang sejenis disebut kohesi, gaya tarik-menarik antara molekul-molekul yang tidak sejenis disebitbadhesi. Gaya kohesi antara molekul benda padat lebih besar daripada gaya kohesi antara molekul zat cair dan gas. Karena gaya kohesi antarmolekul lebih kuat, maka bentuk benda padat sukar berubah meskipun dipindahkan. Sebaliknya, gaya kohesi antarmolekul gas paling lemah. Itulah sebabnya bentuk gas mudah sekali berubah.


c. Suatu molekul terpisah dari molekul yang lain oleh ruang kecil yang dinamakan ruang intermolekul.
Dalam zat padat, letak molekul satu sama lain lebih berdekatan daripada dalam zat cair. Pada gas, letak molekul satu sama lain saling berjauhan. Sama halnya molekul, ruang intermolekul juga tidak dapat di lihat. Jika zat pada larut dalam cair, maka ruang intermolekul diisi sebagian oleh zat yang dilarutkan (zat padat).


d. Molekul tidak diam, tetapi selalu bergerak atau bergetar.
Dalam zat padat, molekul hanya bergetar disekitaran kedudukan seimbangnya. Dalam zat cair dan gas, molekul bergerak lebih bebas. Molekul-molekul gas bahkan selalu berbenturan satu sama lain. Oleh sebab itu, gas mempunyai tekanan. Jika volume gas di perkecil, benturannya menjadi lebih sering sehingga tekanan bertambah besar. Pada saat benda dipanasi, gerakan molekul bertambah besar sehingga jarak antarmolekulnya bertambah besar. Itulah sebabnya benda dapat menuai, mencair dan menguap.


Teori Atom Dalton
Atom ialah partikel terkecil suatu unsur yang tidak dapat dibagi lagi secara kimia. Istilah atom berasal dari kata Yunani, atomos yang artinya tidak dapat dibagi. Pengertian atom sebagai bagian terkecil suatu zat telah diketahui oleh ahli-ahli filsafat Yunani jaman dahulu, diantaranya Leukipos (+-500 tahun sebelum masehi).


Atom biasanya berkelompok membentuk kesatuan yang disebut molekul. Molekul merupakan bagian terkecil yang masih mempunyai sifat-sifat dari zat dan dapat diuraikan menjadi atom-atom. Molekul suatu unsur selalu terdiri dari atom-atom yang sama.

Atom oksigen, hidrogen dan nitron selalu berpasangan membentuk molekul unsur. Ada juga unsur yang molekulnya terdiri dari 3 atom atau lebih, misalnya belerang dan fosfor. Molekul belerang terdiri dari 8 atom dan fosfor terdiri dari 4 atom.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Teori Molekul Van der Waals"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel