Bagaimana Memulai Pemrogramman

Bagaimana Memulai Pemrogramman
Pemrogramman Dasar
Mungkin ada banyak cara bagaimana supaya bisa memulai pemrogramman dan itu tergantung dari basic seseorang. Namun disini saya hanya ingin diskusikan sedikit tentang pemula pemrogramman yang masih bingung dengan pemrogramman apa yang harus dimulai.

Dari diri saya sendiri, sebenarnya jika ingin belajar pemrogramman maka haruslah mempunyai tekat yang kuat serta selalu memahami dari setiap pemrogramman itu sendiri. Karena dalam pemrogramman itu kita tidak jauh beda dengan mempelajari bahasa asing. Dan dalam dunia pemrogramman kita mempelajari bahasa komputer karena komputer tidak mengerti dengan bahasa manusia jadi kita haruslah memahami bahasa yang diagunakan yaitu bahasa mesin dengan istilahnya bahasa logika.

Kedengarannya sih mudah dan simple saja. Tetapi menurut saya yang masih pemula ini menganggap bahasa ini membingungkan hingga menyebalkan. Tetapi dengan tekat yang kuat serta keinginan untuk bisa saya selalu mencobanya dan mencobanya hingga saat ini saya belum bisa menguasai satu bahasa pemrogramman satupun. Namun yang yang tepat dilakukan adalah dengan beberapa cara berikut ini.

1. Mulailah dari yang paling mudah. 

Untuk konsep dasarnya haruslah kita meranjak dari bawah yaitu memulai dari bahasa pemrograman yang paling mudah yaitu HTML. Meskipun bahasa ini tergolong dalam bahasa pemrogramman paling mudah namun bahasa HTML ini digunakan disemua aspek dalam setiap pemrogramman.


HTML adalah bahasa pemrogramman dasar yang harus dimengerti oleh setiap programmer. Karana dengan memahami konsop dari HTML itu maka nanti kedapannya kita akan mudah memahami konsep bahasa pemrogramman lainnya.

Yang intinnya semenjak bahasa HTML ini keluar dari zaman dahulu hingga sekarang ini masih saja banyak digunakan bahkan tidak pernah mati-matinya dan HTML sendiri selalu saja berlaku bagaimanapun berkembang teknologi dalam sistem informasinya.

2. Beranjak Sedikit ke CSS 

Bagaimana Memulai Pemrogramman
Belajar CSS
Jika memang sudah bisa memahami sedikip konsep dari pemrogramman HTML maka beranjaklah ke dalam CSS. CSS ini berfungsi sebagai penghias supaya websites program yang sudah kita bentuk agar lebih hidup dengan warna-warni yang memadai serta membuat layout menjadi lebih indah dan efisien. Dengan kata lain websites akan menjadi lebih manis.


Memang begitu banyak syantax hingga ribuan syntax yang ada didalamnya. Yang perlu diingat janganlah dihafal karena nantinya akan membuat kita pusing, cukup memahaminya saja. Namun jika IQ anda tinggi ya boleh saja anda menghafalnya.

3. Naikan ke JavaScript. 
Bagaimana Memulai Pemrogramman
Belajar JavaScript
Jika dari kedua konsep diatas sudah dapat kita pahami. Maka meranjaklah ke javascript. Yang perlu diingat javascript ini bukan pemrogramman java tetapi hanyalah pemrogramman statis seperti HTML tetapi javascript lebih hidup.


Jika kita lihat misalnya seperti facebook mereka banyak menggunakan javascript yang dapat kita tandai dengan muncul pop-up pada setiap jendelanya.

Namun javaacriptnya sejalan dengan HTML dan mereka dapat dipadukan menjadi satu. Yang intinya pemrogramman javascript dapat berjalan pada HTML dan HTML dapat berjalan pada javascript.

Kelebihan dari javascript dapat kita rasakan apabila dipadukan dengan baik dimana kita dapat membuat efeknya lebih banyak tanpa perlu bantuan dari css walaupun css dapat dipadukan didalamnya.

4. Tingkat Akhir Pemrogramman PHP
Bagaimana Memulai Pemrogramman
Belajar PHP
Apakah anda pernah mendengarnya? Bukan pemberian harapan palsu. Tetapi berasal dari kata Personal Home Page yang sekarang ini disebutkan Personal Processing.

Jika yang 3 bahasa pemrogramman yang disebutkan diatas adalah bahasa pemrogramman yang dilakukan pada browser maka PHP ini adalah bahasa pemrogramman clean-server yang maksudnya adalah bahasa pemrogramman yang diterjemahkan oleh server kemudian di distribusikan ke browser.

Untuk memulai bahasa ini maka kita diperlukan untuk install PHP terlebih dulu didalam komputer kita. Dan haruslah mempunyai server. Sekarang ini dapat dengan mudah kita dapatkan dalam satu paket yaitu Xampp.

Sebenarnya masih banyak piranti perangkat lunak yang dapat kita gunakan tetapi kita cukup gunakan Xampp saja sudah cukup karena di dalam xampp ini sudah sangat komplit fitur yang disediankan dalam pembelajaran php.

Nah.. Mungkin itu saja dulu dalam kesempatan kali ini. Untuk proses dan cara melakukan perogramman maka kita akan diskusikan dilain waktu dan kesempatan. Semoga dengan uraian singkat ini dapat mejadi sebagai edukasi dasar bagi kita yang ingin belajar pemrogramman. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagaimana Memulai Pemrogramman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel