Pengenal Dasar React Native

Pengenal Dasar React Native
React Native
React Native adalah sebuah framework javascript yang dikembangkan oleh Facebook untuk pemrogramman Aplikasi Android dan iOS yang tentunya bahasa yang digunakan adalah javascript. React Native akan mengkompilasikan aplikasi kedalam kode native android dan ios secara kinerjanya. Disamping itu react native juga akan menjadi solusi yang tepat dalam dunia pemrogramman janis mobile.

Sekarang ini sudah banyak perusahaan besar seperti Facebook, Instagram, Skype dan masih banyak lainnya sudah menggunakan react native ini sebagai solusi dalam mengembangkan aplikasi mereka jenis mobile terutaman android dan iOS.

Seperti yang dijelaskan oleh react native itu sendiri di halaman situs resminya mengatakan fremework react native ini berjalan diatas java yang intinya sebelum mulai install react native haruslah menginstall java JDK terlebih dulu agar lebih support. 

Sekedar untuk mengingatkan dimana java JDK ini merupakan sebuah piranti lunak yang harus digunakan pada setiap OS yang ingin mengembangkan aplikasi jenis mobile seperti React Native bahkan hingga Android Studio. Jika tanpa adanya JDK maka akan sulit dilakukan bahkan tidak mungkin. Jadi kita harus sudah siap menginstall JDK-nya. Jika sudah siap diinstall maka dilanjutkan dengan langkah berikutnya.

Install Node.js

Alat dan bahan yang harus disediakan selanjutnya adalah nodejs dimana nodejs digunakan sebagai runntime diluar program javascript luar browser. Yang tentu nantinya akan memudahkan dalam melakukan pemrogramman bahkan hingga pengujian aplikasi.

Untuk proses penginstallan nodejs ini bisa langsung didownload pada situsnya atau bisa kita masukan printah melalui commant prompt (CMD).

Install Yarn dan NPM

Pada beberapa artikel yang saya temukan mengatakan sebelum melakukan install yarn dan npm haruslah menginstall Chooco terlebih dulu atau menginstall selanjutnya. Sebagian mengatakan chooco ini penting dan sebagian mengatakan jika menginstall chooco akan membuat sistem menjadi sedikit lebih lambat dan stabil. 

NPN dan Yarn adalah peralatan yang digunakan untuk mengelola atau memajementkan project dari hasil nodejs. Dia bertugas untuk membuat project hingga menjalankan perintah script nantinnya.

Install Android Studio SDK

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya haruslah menggunakan JDK terlebih dulu, selanjutnya kita menggunakan SDK android studio, ada beberapa referensi yang saya dapatkan tidak harus menggunakan android studio tetapi yang diharuskan adalah SDK-nya. Kita bisa menginstall satu paket android studio atau SDK-nya saja.

Jika AganSis install SDK-nya saran saya sih jangan install di C karena file SDK ini akan mengembang dia seiring dengan pekembangannya yang selalu akan diupdate-update nantinya setelah diinstall. 

Install React Native

Jika peralatan yang diatas sudah diinstall semuanya maka langkah selanjutnya adalah menginstall react native pada sistem. Untuk proses penginstallannya bisa kita lakukan melalui NPM atau Yarn dan dapat juga dilakukan Comand Prompt (CMD Administrator). Masukan perintah berikut :

npm install -g react-native-cli 

Tunggulah hingga proses selesai dan ini akan sedikit lama karena akan didownload terlebih dulu baru kemudian install sesuai dengan versi sistem os kita. prosesnya tergantung dengan kecapatan internet yang kita  gunakan. semakin cepat internet maka akan semakin mudah dan jika lambat ya tergantung. saran saya gunakan gunakan wifi.id atau hospot gratis dicaffee-caffee terdekat, hemat kuota hemat biaya.

untuk pengecekan apakah sudah berhasil diinstall atau gagal error maka kita dapat memeriksanya dengan "react-native --version"  dan akan ditampilkan versi react native yang kita gunakan berarti berhasil dan tidak ada errornya.


Created Project React Native

Disini kita akan melakukan pembuatan atau install project pertama react native, tentunya komputer kita haruslah dalam posisi online. langkah ini dapat kita lakukan dengan memasukan perintah sebagai berikut :

react-native init AweSomeApp

Kita dapat melakukan pemindahan sebelumnya yaitu memilih lokasi dimana lokasi folder mana yang hendak kita gunakan untuk sarana penginstallan project react native. misalnya kita melakukan penginstallan react-native di folder D: maka lakukan pemindahan folder terlebih dulu dengan langkah berikut :

D:/cd/MyApps/react-native init AweSome

Dengan begitu maka secara otamatis project kita akan diinstall di dalam drive D: dan didalam folder MyApps dengan nama project AweSome. Dan nama ini bisa saja kita rubah sebelum diinstall AweSeme di ubah menjadi project atau nama project kita.

Tunggulah hingga proses penginstallan project siap tergantung dengan kecepatan internet yang kita gunakan.

Jika sudah maka sampai disini kita sudah siap untuk ngoding, bukalah text editor favorite kita baik itu sublime atau visual studio code.

Sampai disini kita telah berhasil melakukan penginstallan react-native dan react-native sudah dapat dijalankan. Memang jika pada awal-awalnya kita kan merasakan sedikit bingung namun lama kelamaan kita akan terbiasa dengan react native ini. Terima Kasih telah berkunjung semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengenal Dasar React Native"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel