CMD Perintah Penting Pada Comman Prompt

Kembali lagi dengan Maudysites, Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit cara untuk menggunakan Command Prompt atau sering disebut "CMD". Mungkin banyak diantara kita yang belum familiar dengan cmd ini, dimana dengan tampilan hanya dos saja berlayar hitam dan interfacenya hanya berupa perintah-perintah saja.

Ya pada layar cmd ini kita hanya menemukan interface yang berupa layar hitam dan tidak dapat di klik, dan hanya difungsikan dengan perintah dan syntax-syntax tertentu yang boleh digunakan. Sebenarnya perintah dari layar cmd ini sama saja dengan user friendly interface komputer pada umumnya, tetapi disini pada cmd hanyalah perintah yang diketik (syntax).

Untuk itu disini saya hanya membagikan beberapa syntax saja yang menurut saya penting diketahui oleh setiap pengguna komputer yang berbasis windows yang khsusnya untuk pengguna yang selalu terkoneksi dengan internet.

Untuk membukan laman cmd ini cukup dengan Klik pada Menu Start dan ketikan "cmd" pada kolom search, klik kanan lagi pada aplikasi Command Prompt >> Run As Administrator.

CMD Perintah Penting Pada Comman Prompt
Open Administrator Cmd
Jika halamannya sudah terbuka maka kita akan menemukan layar hitam dengan tulisan putih, maka disinilah kita mencoba berkreasi untuk menuliskan perintah-perintah atau syntax dari cmd itu sendiri, berikut ini adalah beberapa syntax yang menurut saya penting di ketahui oleh oleh pengguna internet.

1. Ping


Ada banyak sekali fungsi ping yang dapat kita gunakan saat komputer mulai terhubung dengan dunia luar, salah satunya adalah guna mengetahui apakah komputer kita tersambung dengan baik atau signal lost. Seperti gambar diatas kita menggunakan "ping google.com" selain dari itu kita juga dapat menggunakan perintah lain, misalnya ping facebook.com atau alamat tertentu dan jika ingin selalu menampilkan informasi hingga kita melakukan stop ialah dengan menambahkan -t di depannya seperti ping google.com -t.

2. Netstat


CMD Perintah Penting Pada Comman Prompt
Netstat View
Netstat ini akan menampilkan statistik Active Connections pada komputer yang menampilkan informasi lengkap dengan ip yang digunakan. Jika komputer dalam keadaan online maka informasi yang di tampilkan akan lebih banyak dan lebih spesifik dengan berbagai informasi lainnya.

3. Nslookup

Nslookup View
Nslookup ini banyak fungsi yang dapat kita gunakan untuk mengetahui berbagai hal mulai dari ip dan domain, dominan dari penggunaan ini banyak digunakan untuk mengetahui alamat server dan ip pengguna. Selain dari itu masih banyak lagi fungsi yang dapat digunakan selain dari yang disebutkan diatas.

4. Tracert

Tracert View
Perintah trecert ini dapat kita gunakan sebagai penunjuk jalan atau melacak sebuah jalur data yang digunakan ip/host oleh sebuah perangkat baik itu berupa ip, addreas sebuah ip dan lainnya. Tentunya perintah ini dapat membatu dalam menyikapi berbagai aspek permasalahan teruma dalam jalur data sebuah system.



5. Arp
Arp view
Perintah arp ini dapat kita gunakan untuk mencari suatu alamat dalam sebuah jaringan nikabel atau LAN dengan menggunakan ip pada alamat tertentu sangatlah berguna untuk mengetahui sebuah alamat host yang ada pada satu jaringan, Arp itu sendiri merupakan singkatan dari Address Reslution Protocol yang pada setiap handware.

Proses dari penggunaan perintah arp ini sendiri mencakup seberapa kreasi dalam setiap user, yang intinya tergantung dari permainan si user itu sendiri.


6. ipconfig
ipconfig
Ipconfig ini dapat juga kita gunakan sebagai langk iah awal untuk mencari jalan tertentu yang dilalui mulai dari alamat mana hingga kemana, disamping itu perintah ini dapat juga menemukan alamat-alamat penting atas dasar saling terkoneksi dalam satu jaringan network adaptor.


7. Route
route
Route ini dapat kita gunakan untuk mengetahui rute jaringan yang digunakan dari mana dan ajukan kemana, disamping itu ini juga dapat melakukan routing pada satu jaringan LAN atau WAN dan WLAN.

8. Tree
Warning Syntax Tree
Perintah ini dapat digunakan pada cmd untuk mengetahui directory jaringan atau sebuah disk dalam menyikapi jaringan memestikan apa saja yang terkandung dalam sebuah bahkan hingga memeriksa sebuah system secara utuh, namun pada perintah ini cukuplah banyak file-file directory yang keluarkan tergantung dari sistem itu sendiri.

Mungkin itu saja perintah dasar dari cmd itu sendiri yang sering digunakan untuk mendeteksi jaringan terutama pada kompter kita sendiri, dan pada penulisan ini cmd tidaklah bermaksud digunakan kormesial atau sekedar jail. Terima Kasih semoga bermanfaat.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CMD Perintah Penting Pada Comman Prompt"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel