Destinasti Wisata di Kota Banda Aceh

How are you sob ? Semoga dalam keadaan sehat selalu, pada kesempatan ini saya ingin membagikan sedikit cerita atau sedikit petunjuk untuk anda yang hendak berkunjung ke Banda Aceh. Sebenarnya rokomendasi yang seperti ini sudah banyak dibahas oleh para master blogger-blogger kita namun disini saya hanya ingin menulis ulang yang pernah dituliskan sebagai acuan saya tentunya.

Jika berbicara tentang kota Banda Aceh tentunya kita tidak habis-habisnya namun kota yang letak di ujung sumatra tersebut selalu menjadi ikon dalam berbagai nuansa bahkan tidak ada yang ingin lepas darinya bahkan menjadi rebutan tentunya walaupun sekarang ini kota dan daerah ini dianak tirikan namun tetap saja unggul di berbagai segi didalamnya.

Dan yang menjadi persoalan sekarang ini bukanlah tentang anak tiri atau bukan namun kita akan membahas jika anda berkunjung ke kota tua penuh sejarah ini apa saja yang harus dikunjungi dan kemana arah tujuan yang hendak dilangkahkan kaki ketika menjejaki tapak di negeri istimewa tersebut. Disini saya hanya merekomendasikan beberapa tempat saja, baik agan yang datang dari dalam daerah atau dari luar daerah.

1. ULEE LHEU
Destinasti Wisata di Kota Banda Aceh
Pantai Ulee Lheu
Jika berbicara mengenai pantai di kota Banda Aceh mungkin tidak lepas dengan yang namanya pantai Ulee Lheu ini karena aksesnya yang mudah serta dekat dengan pemukiman warga, jadi tidak heran jika pantai ini setiap harinya dipenuhi oleh pengunjung.

Ulee Lheu juga menjadi satu ajang yang dapat anda kunjungi ketika berwisata ke kota Banda Aceh, pantai ulee lheu setiap harinya dipenuhi oleh pengunjung apalagi jika sore hari sudah tentu sangat ramai dikunjungi serta berjajaran jajanan khas kuliner aceh yang berjejeran dipinggir jalan sesambil menikmati suasana senja disananya dan dipenghujung ulee lheu ini juga terdapat pelabuhan untuk menyeberangi ke pulau sabang. maka untuk itu sangat masuk alasan mengapa pantai ini banyak diminati oleh pengunjung.

2. PANTAI LAMPUUK
Destinasti Wisata di Kota Banda Aceh
Pantai Lampuuk
Pantai Lampuuk merupakan tempat dan taman wisata laut yang esotis. Meskipun pantai ini telah di luluh lantakan oleh badai Tsunami 26 Desember 2004 silam. Namun tetap saja masih esotis dengan alam. Meskipun keadaannya tidak seindah dulu tapi pantai ini masih sangat menjadi tempat yang layak untuk dikunjungi apabila berkunjung ke kota Banda Aceh. 

Kenapa tidak, selain suasana alam yang memanjakan anda juga terdapat kuliner laut yang beragam. Disamping itu jika kita suka dengan air maka disini juga menyediakan beragam wisata air dengan peralatan yang sudah disiapkan oleh penduduk setempat. 

Jangan takut berpegian sendiri ke tempat ini karena setiap warga yang disana sudah siap menemani anda dan siap memandu wisata anda sehingga tidak ada yang terlewatkan dipantai sudut kota ini.

3. PANTAI PASIR PUTIH
Destinasti Wisata di Kota Banda Aceh
Pantai Pasir Putih
Berbicara tentang pantai tentunya tidak jauh beda dengan pantai lainnya seperti yang disebutkan, Namun pantai pasir putih ini juga memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung, mulai dari jalan lintasan Lamreh yang dilalui dari bukit-bukit dan gunung serta nuansa alam yang eksotis menjadikan pantai ini layak dikunjungi.

Pemandangan pandai dengan pasir yang putih seperti di lautan dipadang pasir serta ombak laut yang sangat bersabat dengan pengunjung dan kuliner laut yang begitu menggugahnya.

Pantai ini sangat layak dikunjungi jika anda bersinggah ke Banda Aceh yang hanya berjarak sekitaran 80 KM ke arah timur dari pusat kota Banda Aceh. Nikmati dan rasakan sendiri sensasinya disana dan cerita keteman-teman anda.

4. WAHANA KUTA MALAKA
Destinasti Wisata di Kota Banda Aceh
Wahana Kuta Malaka
Apakah anda pernah mendengannya ? Jika tidak maka disini saya akan menceritakan sedikit mengenai tempat rekreasi yang satu ini.

Wahana ini adalah tempat wisata keluarga, anak-anak dan juga orang dewasa. Tempat ini bukan tempat jadi seperti pantai atau lautan namun wahana ini adalah buatan manusia, namun sangat menyerupai alam.

Dengan letaknya sangat strategis dengan alam yaitu kawasan pergunungan Samahani yang menjadikan tempat ini sangat ramai diminati oleh masyarakat serta begitu juga banyak para turis dari manca negara datang keseni terutama Malaysia dan Taiwan.

Tempat permainannya masih bertema dengan air yaitu kolom yang dibentuk seperti sungai yang di khususkan untuk anak-anak yang masih sangat dangkal, untuk orang dewasa yang dalam serta tempat terpisah antara laki-laki dan perempuan.

Disamping itu juga disediakan berbagai macam permainan air seperti pelosotan, pancuran dan lainnya. Jika anda kesini cukup sekali banyar dan fasilitas yang ada di dalamnya bisa digunakan semuanya sampai sepuasnya.

Jika anda mulai lelah bermain juga disedikan lesehan atau pondokan tempat bersantai dan beristirahat, Tetapi lesehan ini tidak dijamin satu keluarga satu jadi anda harus sedikit rela kongsi dengan keluarga yang lain atau datang lebih cepat, maka dia yang dapat.

5. Museum Tsunami Aceh
Destinasti Wisata di Kota Banda Aceh
Foto Bersama Depan Museum Tsunami Aceh
Beralih ketempat sejarah jika berkunjung ke Aceh maka yang teringat sama kita adalah Tsunami. Jadi sudah seharusnya mengunjungi tempat ini yang letaknya tidak jauh dari pusat Ibu Kota hanya 100 M saja ke arah Selatan maka anda akan menjumpai tempat ini.

Disini dikisahkan terdapat beraneka ragaman dan perihnya penderitaan rakyat aceh dalam musibah tsunami tersebut, muali dari pajangan foto, lukisan dan benda-benda yang tersengat tsunami waktu silam terpajang indah didalamnya.

6. Museum Rumah Cut Nyak Dhien
Destinasti Wisata di Kota Banda Aceh
Rumah Cut Nyak Dhien
Cut Nyak Dhien merupakan seorang pahlawan wanita yang gagah berani melawan penjajah yang ketika itu beliau di cap sangat radikal oleh kaum penjajah, Namun bagi kita beliau itu adalah wanita yang mulia dan terhormat pahlawan perjuangan.

Rumah Cut Nyak Dhien ini merupakan rumah dimana Cut Nyak Dhien tinggal dulu sebulum belau dipindahkan ke tanah jawa oleh penjajah belanda. Rumah ini adalah rumah asli Cut Nyak Dhien. Letaknya tidak jauh dari pusat kota hanya beberapa kilometer saja ke arah barat kota.

Untuk mengenang kisah kasatria pahlawan wanita ini sangat pantas tempat ini dikunjungi jika anda berkunjung ke Banda Aceh. Sudah banyak para turis dari berbagai negara mengunjungi tempat ini bahkan hingga membuat penelitian ditempat ini.

7. Mesjid Raya Baiturrahman
Foto Drone Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh
Kesannya tidak komplit seakan tidak pernah menjejakan kaki di Banda Aceh jika tidak singgah di mesjid paling bersejarah di Tanah Rencong Atjeh. Mesjid ini telah melalui berbagai kisah sejarah yang selalu menjadi saksi bisu menyaksikan berbagai peristiwa dari beberapa puluh abad yang lalu. Mulai dari peristiwa Tsunami dahsyat menghampas bumi serambi mekkah, yang meluluh lantakan negeri syariat tempat kelahiran para pejuang bangsa. Bahkan bangunan peninggalan dari masa kerajaan dalu masih tegak dan berdiri dengan gagahnya menyaksikan anak cucu pejuang yang bergelentang-langtung di sudut kota.

Selain dari keindahan mesjid ini yang bersih luas nan indah, mesjid ini juga terdapat arsitektur yang luar biasa bagusnya. Jika anda ke Banda Aceh sudah seharusnya anda singgah dipusat Banda Aceh ini.

Demikianlah informasi sekilas yang dapat saya sampaikan jika anda berkunjung ke ujung sumatra tersebut. Selain dari hal-hal yang saya sebutkan masih banyak lagi tempat-tempat yang menarik unik serta tempat-tempat ini bahkan tempat sejarah yang harus dikunjungi bila ke Banda Aceh. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Destinasti Wisata di Kota Banda Aceh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel