On-Page SEO : Optimasi Pada Halaman dan Konten Pada Website Untuk Mesin Pencari Google


On-Page SEO : Optimasi Pada Halaman dan Konten Pada Website Untuk Mesin Pencari Google
Description Seo
Seperti pada pertemuan sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang "Pengertian Seo On Page dan Seo Off Page" dan kita juga sudah mengupas sedikit lebih jauh apa itu " Apa Itu SEO Off-page dan Manfaatnya" Meski demikian tidak disitu saja karena mengingat Seo setiap harinya selalu dalam pengembangan jadi kita upaya untuk selalu meng-updatenya ke yang lebih baik. 

Seo On Page sendiri adalah optimasi didalam halaman website/blog kita sendiri artinya optimasi yang dilakukan dengan memodifikasi struktur website/blog dengan konten yang ada didalam agar lebih mudah ditemukan oleh mesin search engine seperti Google Search, Search Yahoo, Bing Search dan lainnya. Namun target kita adalah ketiga mesin tersebut yang selalu menjadi unggulan tentunya Google.

Tujuan dari optimasi on page supaya mensin pencarian menemukan serta mengindex situs website/blog kita relevan dan sejalan dengan apa yang dicarikan oleh user sehingga memberikan rating pada situs benar-benar memiliki kualitas terbaik baik user itu sendiri.

Penentuan Konsep Untuk SEO ?

Dari sekian banyak cara yang dapat diterapkan untuk seo, namun optimasi on-page adalah hal yang utama yang harus kita pahami meskipun kita bisa menerapkan strategi lainnya. Karenanya optimasi dari on page ini dapat memberikan efek yang baik bagi website/blog kita dan pengunjung agar :

- Struktur dari website/blog mudah di temukan serta dikenali secara bijak oleh mesin search engine.
- Memberi faedah yang baik bagi setiap pengunjung.
- Dalam melakukan eksporasi pengunjung tidak membingungkan dan tidak membosankan.
- Serta dapat membuat pengunjung betah berada didalamnya.

Dari empat keterangan diatas dapat kita simpulkan bahwasanya pengunjung juga meruapakan bagian terpenting dalam menentukan optimasi. Karena mesin pencarian seperti google dapat mengetahui pengunjung betah saat berada didalamnya atau tidak. Itu karena berkat dari Algoritma google yang begitu canggih.


Optimasi Website/Blog Dengan Fitur Halaman

On-Page SEO : Optimasi Pada Halaman dan Konten Pada Website Untuk Mesin Pencari Google
Optimasi Google Search
Selain seperti konsep yang dijelaskan diatas, kita juga dapat memeberikan efek yang lain pada halaman website/blog kita sendiri diantaranya berupa :

1 - Kecpatan Loading Website/Blog serta loading konten yang ada didalamya

Dalam beberapa sumber yang mengatakan website yang mempunyai kecepatan loading lebih cepat tentunya mempunyai respon yang lebih bagus dalam beberapa detik. Bahkan sekarang ini google sendiri sudah meluncurkan sebuah software khusus yang ditanam dalam Google Web Master Tools untuk menghitung seconds beberapa detik meski sekarang ini masih dalam versi beta (Percobaan).

Dan selain itu ada beberapa hal lain yang dapat mempengaruhi kecepatan loading page website/blog yang diantaranya berupa :

- Kualitas Hosting yang digunakan, Sebenarnya ini juga cukuo terpengaruh karena jika hostingnya terlalu jauh jadi secara otomatis loading page-nya juga semakin lambat. Sebaiknya gunakanlah hosting dalam negeri untuk menjadikan loading page juga semakin cepat.

- Ukuran halaman yang terlalu besar atau background yang menggunakan image. Kadang sering juga kita mendapati sebuah halaman dengan latarnya yang terlalu lebar bahkan menggunakan image, jadi secara tidak apabila kita menggunakan gambar sebagai latar belakang tentunya menjadikan loading situs juga semakin lambat. Sebaiknya gunakanlah latar itu satu warna saja dengan memberikan efek css padanya.

- Jumlah file CSS dan Javascript yang terlalu banyak memang tidak terpengaruh seutuhnya, namun apabila kita menggunakan variable css dan javascript terlalu banyak maka akan memberikan dampak yang buruk pada situs, selain itu juga dapat memberikan efek cepat bosan pada user yang singgah, apalagi hingga menyertakan pup-up yang berlebihan.

2 - Konten adalah raja yang utama yang harus diperhatikan

Sebagus apapun Website/Blog atau secepat apapun loading situs jika kontennya aburadul dan tidak memberikan faedah atau manfaat bagi pengunjung tentunya juga tidak mempunyai kualitas. Maka untuk untuk itu perhatikanlah konten karena kontenlah yang paling utama untuk menjadikan situs website/blog sebagai seo tampil dihalaman utama google.

Dalam pembuatan konten ini, hindarkan perlakuan copy-paste karena sekarang ini sudah tidak jamannya lagi. Jadi konten yang mempunyai kualitas yang bagus adalah konten yang dapat memberikan kepuasan atau respon yang baik bagi pengunjung serta dapat memberikan solusi yang positif pada pengunjung situs sehingga meraka nyaman berada didalamnya.

3 - Judul yang menarik serta berkaitan dengan isi konten

Dari judul yang relevannya lebih baik tentunya akan mendapatkan banyak perhatian dari pengunjung sehingga mendapatkan banyak klik pada situs website/blog. Maka disinilah kita harus pandai-pandai dalam mengintai judul yang dapat memberikan incaran pengunjung.

Misalnya dari hasil judul yang didapatkan dari mesin pencarian tentunya si user pastikan melirik judul yang paling berkaitan dengan apa yang dia maksud. Dan disinilah yang perlu kita dapati untuk memberikan umpan yang terbaik melalui nama judul yang ada serta kaitan konten yang ada didalamnya.

4 - Keyword sebagai kata kunci untuk memudah mesin pencarian menemukan artikel

Keyword merupakan perwakilan dari konten yang tersedia. Karena keyword inilah yang paling dengan mesin search engine seperti google. Minimal gunakanlah satu keyword yang tepat serta dekat hubungannya dengan isi konten atau judul konten. Semakin tepat keyword yang digunakan maka variannya juga semakin bagus. Usahakan untuk selalu mengisi keyword meski dengan varian sederhana.

5 - URL yang tidak terlalu panjang dan hindarkan penggunaan simbol

Uniform Resource Locator (URL) merupakan bagian yang tidak dapat di abaikan juga. Meski tidak memberikan efek yang kuat namun dapat memberika penentuan tentang keberadaan situs websites/blog kita.

Url yang bagus ialah url yang selalu relevan dengan isi konten sehingga dalam penentuan locatornya tidak membingungkan si user dan search engine. Misalnya seperti Paduan/Belajar/Seo yang hampir sama dengan Paduan/Belajar/Komputer.

6 - Descripsi Meta Tag sebagai acuan untuk menampilkan sekilas rincian artikel yang manarik

Descripsi Meta Tag ini merupakan bagian dari descripsi singkat yang nantinya akan ditampilkan saat pencarian ditemukan. Meskipun tidak memberikan pengaruh yang besar terhadap optimasi dari hasil pencarian Meta Tag ini sedikit banyaknya akan mempengaruhi user dengan uraian descripsi yang terdapat pada kalimat yang ditemukan.

7 - Media Gambar yang memenuhi karateria sebagai pelengkap konten dan penjelasan gambar

Banyak yang beranggapan gambar tidak dibutuhkan, namun sejatinya gambar merupakan bagian terpenting dalam memenuhi karateria sebuah konten. Tentunya gambar yang disuguhkan haruslah mempunyai kaitan dengan apa yang sedang diuraikan pada konten atau artikel website/blog.

Dalam beberapa kontek sebagai perlengkapan dari DKV tersebut haruslah di perhatikan dengan kualitas gambar yang disediakan. Dengan kata lain haruslah disesuaikan ukurannya agar tidak menggangu kualitas loading page nantinya dan sangat diharapkan untuk kompres terlebih dulu dan gunakan extensi umum seperti jpg, gif dan png.

On-Page SEO : Optimasi Pada Halaman dan Konten Pada Website Untuk Mesin Pencari Google
Ilustrasi Gambar Sebagai Pemanis


8 - Internal untuk menyambung antara satu artikel dengan artikel lainnya

Kadang kita sendiri kurang memperhatikan pada bagian ini bahkan hingga terlupakan sehingga saat pengunjung datang menemui sebuah konten seperti yang mereka inginkan dan tidak dapat memberikan variasi sebagai navigasi untuk perpindahan dari satu artikel ke artikel lainnya.

Nah untuk itu navigasi inilah sebagai jembatan penghubung untuk meluruskan konten yang satu dengan konten yang lainnya sebagai validasi optimasi konten pada situs di dalam website/blog kita.

9 - Outbound Link sehingga dapat memberikan penjelasan singkat atau secara mendetail pada link yang diarahkan

Outbound Link adalah link yang mengarah kebeberapa situs lain atau domain lain dari situs website/blog kita. Sebenarnya ini sebagai sumber tentang kaitan konten yang kita uraikan dengan menaruh link-link yang kredibel pada sebuah konten ini dapat membantu user untuk menemukan informasi yang akurat seperti yang diharapkan.

Ketika ada link yang terkait dengan sebuah domain dan link tersebut dapat membantu website/blog kita sebagai penentuan niche dan memahami kualitas situs kita sendiri. Tentunya ini akan menjadi optimasi sebagai peran penting untuk mendapakat kualitas SEO terbaik pada mesin pencarian.

10 - Sharing ke Media Sosial yang kita gunakan untuk menarik perhatian pada publik diluar sana

Memang repondent dari media sosial terlalu berlebihan google akan menganggap spam tetapi bukan berarti kesediaan media sosial ini tidak penting.

Dengan melakukan sharing ke media sosial seperti facebook dan twitter dapat memperkenalkan karya terbaru kita pada dunia luar. Dengan kata lain media sosial inilah yang menjadi unggulan dalam ketegory promosi paling efektif.

Selain dari itu tetaplah google plus menjadi andalan sebagai media sosial yang dapat menaikan traffic seo pada halaman dan website kita sendiri.

Mungkin itu saja rangkaian dari bagian optimasi website/blog yang dapat kita tingkatkan untuk meningkat optmasi bagian dari Seo yang dapat berguna meningkatkan traffic pengunjung bagian dari konten kepada search engine. Terima Kasih telah tersesat disini dan sudah membaca hingga selesai. Salam.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "On-Page SEO : Optimasi Pada Halaman dan Konten Pada Website Untuk Mesin Pencari Google"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel