10 Perilaku Sifat Istri Yang Menjengkelkan Suami


Istri yang baik adalah istri idaman untuk suami, di dalam berumah tangga begitu banyak peristiwa yang terjadi masalah silih berganti walaupun terkadang masalah kecil sahaja. Namun dari semua itu janganlah seorang istri masuk dalam kategori ini yang dapat membuat suami jengkel. Artikel ini dibuat hanya sebagai bahan evaluasi sang istri jangan sampailah masuk dalam prilaku-prilaku yang dapat menjengkelkan suami. 

Apalagi sekarang ini begitu banyak rumah tangga baru yang hancur gara-gara hal sepele hingga berimbas pada perpecahan rumah tangga. Bagi istri yang tidak disukai suaminya pada hal sudah melakukan yang terbaik dan merasa tidak berbuat kesalahan besar apapun. 

Yang perlu diketahui masalah besar tidaklah selalu ditimbulkan oleh sesuatu masalah yang besar melainkan dimulai dari peristiwa kecil, hal-hal kecil yang tidak kita sadari dan terjadi secara berulang-ulang. Peristiwa berulang-ulang inilah yang dapat memendam amarah dan berkhir serta menyebabkan rasa bosan pada sang istri.

Disini kami menguraikan sedikit tentang prilaku kesalahan istri yang dapat menjengkelkan suami diantaranya berupa :

1. Tidak Bersyukur
Tidak pernah merasa puas dan tidak pernah merasa cukup dengan apa yang sudah di dapatkan dan sering mengeluh adalah suatu prilaku yang sangat mengjengkelkan suami. Terutama suami yang sudah berupaya dan berusaha keras untuk dapat membahagiakan istri dan anaknya. Namun tidak mendapatkan apresiasi dari sang istri ditambahkan lagi dengan keluhan. Bahkan suami berhak mendapatkan pujian dan penghargaan dari istri tetapi yang suami dapatkan hanyalah keluhan dari istri yang serba kurang ini dan kurang itu. 

Jika peristiwa yang seperti ini terjadi maka bisa dipastikan keretakan dan kehancuran rumah tangga berada diambang pintu depan. Karena mengingat sebuah hadist Nabi Bersabda : " Aku melihat neraka yang banyak penghuninya adalah kaum wanita. Penyebabnya karena mereka tidak bersyukur dan tidak menghargai atas kebaikan suaminya. (HR. Bukhari : 28).

2. Tidak Taat Suaminya dan Suka Membantah
Biar bagaimanapun suami adalah pemimpin di dalam rumah tangga. Tidak akan ada fungsi pemimpin jika tidak ditaati dan tidak di hormati. Salah satu bukti seorang istri yang baik adalah dengan mentaati perintah suaminya asalkan tidak berlawanan dengan syariat dan tidak membantah ucapan suaminya dengan semena-mena. Jika memang ada ketidak cakapan diskusikan dan bicarakan dengan baik dan penuh hati-hati.

3. Suka Menyalahkan dan Mengkritik Suami
Suka menyalahkan adalah hal yang tidak baik, apalagi menyalahkan sikap, prilaku, perbuatan dan tingkah laku suami adalah suatu yang menjengkelkan. Dan lagi menyalahkan tanpa sebab atau mengkait-kaitkan seakan memposisikan suami dalang yang dapat mengkambing hitamkan suami apalagi jika memang itu adalah kesalahan bersama. Dan jikalau mengkritik suami untuk perubahan yang lebih baik itu sangat dianjurkan. Namun jika memang suami salah, usahakan untuk tidak langsung menyalahkannya. Usahakan untuk berbicara secara baik-baik dan pastikan kondisi serta keadaan dalam kondisi baik-baik saja. Jangan di depan orang tua, anak-anak dan orang lain. Minta maaflah terlebih dulu sebelum dan sesudahnya. 

4. Menyuruh dan Mengatur Suami
Hindari sikap dan prilaku menyuruh dan mengatur-ngatur suami, jika memang perlu bantuan dari suami minta maaflah terlebih dulu dan minta tolonglah pada suami setelahnya jangan lupa untuk berterima kasih pada suami. Dengan seperti itu setidaknya kita telah menghargai dan menghormati suami yang dapat menimalisir keadaan dan kemarahan suami. 


Suami yang sering disuruh dah diatur-atur oleh istrinya terkesan suami yang lemah dan takut istri. Jika hal ini terjadi maka kesannya keluaraga inu sangat berdampak buruk bagi publik. Suami takut istri dan istri yang mengekang suami. Intinya kesannya itu sangat buruk. 

5. Membanding-Bandingkan
Seorang suami tentunya sangat marah dan sifat istri sangatlah tidak etis apabila membanding-bandingkan suaminya dengan pria lain atau tetangganya yang pencapaian secara fisik atau materi yang lebih baik dari dirinya. Serta beragam hal lainnya, maka oleh karena itu hendaknya seorang istri tidak harus membandingkan pencapaian baik dan buruknya suami. Selalu dukung dan sanjung suami. 

6. Cerewet dan Suka Ngomel
Seperti yang kita ketahui bersama tidaklah ada orang yang suka dengan orang yang cerewet dan suka ngomel-ngomel. Apalagi pada suami sendiri, tentu ini berdampak sangat buruk untuk kelangsungan hidup. Jika tidak ingin membuat suami marah janganlah cerewet. Jadilah wanita idaman yang selalu di dambakan oleh suami. 


7. Cemberut dan Bermuka Masam
Kadang kondisi lagi tidak memungkinkan entah itu alasan karena kecapean mengurus si kecil atau memang ada hal lain sehingga sang istri terbawa arus saat suami pulang memasang wajah yang cemburut dan bermuka masam. Ini dapat membuat suami bertanya-tanya dalam hati. 

Apalagi ketika suami menanyakan akan prihal terjadi, sang istripun menjawab dengan nada yang entah berantah tanpa alasan jelas. Ini tentunya menjadi sebuah pemicu yang dapat membuat suami untuk salah dan selalu salah mentaksirkan keadaan. 

Jika memang ada masalah dicerita, atau memang ada sesuatu hal yang mungkin capek seharian mengurus rumah dan anak ceritakan sama suami. Karena seperti Sabda Nabi SAW" Setiap dari kebaikan adalah sedekah dan termasuk dari kebaikan adalah berwajah ramah" (Nawawi, Syarah Muslim, 16/117).

8. Meremehkan
Jangankan pada suami untuk orang lain saja tidak boleh, apalagi suami. Hal demikian ini banyak terjadi sekarang ini, yang biasanya ini terjadi umumnya karena gaji istri lebih tinggi dari suami, atau suami yang berpenghasilan lebih kecil dari istri. Atau mungkin suami lagi sedang nganggur atau istri yang memiliki penghasilan tetap. Cobaan istri adalah ketika dia memiliki status lebih tinggi dari pada suaminya baik dari segi materi, sosial, pangkat dan jabatan. 

9. Pendengar Yang Buruk
Ketika suami bercerita atau sekedar curhat pada istri, sang istri kurang respon dan tidak fokus dengan apa yang sedang dibicarakan. Sibuk memainkan handphone atau nonton televisi yang kesannya mengabaikan perkataan dan linglung tidak nyambung dengan apa yang sedang suami bicarakan. 

Jika memang ada masuk pesan yang penting beritahukan pada suami, atau lagi tidak sempat dengar curhatan suami maka minta maaflah dan minta waktulah nanti jika memang sudah siap dengan mendengarkannya. Walaupun tidak ada solusi dari apa yang suami keluhkan, setidaknya jadilah pendengar yang baik untuk suami. 


10. Selingkuh
Ini adalah kesalahan terbesar yang dilakukan oleh sang istri, kalaupun suami tidak menceraikan istrinya ketahuan selingkuh maka kemungkinan besar rasa untuk saling percaya tidak ada lagi dalam diri dan hati suami. 

Selingkuh ini dikategorikan dalam dua macam yaitu selingkuh dengan sekedar komunikasi via telepon dan chatting mesra disosmed atau sebagainya. Selingkuh dengan atau tanpa ada hubungan zina yang dapat mencampakan diri sendiri. 

Bahkan atau sekedar makan siang gratis. Yang perlu diketahui wahai istri tidaklah ada yang namanya makan siang gratis itu. Dan jika memang ada ini ataupun itu maka janganlah dituruti. 

Mungkin itu saja prihal yang dapat melonggarkan kasih sayang suami pada istrinya. Selagi ada kesempatan untuk berbuat kebaikan terus saja dilakukan untuk mencapai kebahagiaan dengan pasangan. Hindarilah prihal yang demikian yang disebutkan diatas. Selalu berusaha untuk setiap saat menjadikan istri idaman buat suami dan berusaha untuk selalu menjadi lebih baik. Terima kasih. 



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Perilaku Sifat Istri Yang Menjengkelkan Suami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel